Kamis, 31 Juli 2014

Peneliti: kenaikan harga BBM bersubsidi d0r0ng penggunaan angkutan umum

Yogyakarta (ANTARA News) - Kenaikan harga bahan bakar minyak bersubsidi pada pemerintahan baru mendatang akan berdampak pada efisiensi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara dan juga mendorong masyarakat kembali menggunakan angkutan umum, kata seorang peneliti.

"Apabila kebijakan itu (kenaikan harga BBM) diberlakukan, justru pemerintah mendatang memberikan alternatif pilihan bagi masyarakat untuk memprioritaskan penggunaan angkutan umum daripada kendaraan pribadi," kata peneliti Pusat Studi Transportasi dan Logistik (Pustral) Universitas Gadjah Mada (UGM), Lilik Wachid Budi Susilo di Yogyakarta, Kamis.

Ia menilai, upaya untuk lebih berpihak kepada angkutan umum saat ini perlu diupayakan pemerintah sebab jumlah pengguna kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat terus melonjak.

"Jumlah kendaraan umum tidak akan bisa mengalahkan kendaraan pribadi, apalagi banyak produk kendaraan pribadi di pasaran yang dijual dengan harga yang relatif murah," katanya.

Oleh sebab itu, menurut dia, dengan kenaikan BBM maka masyarakat akan lebih mempertimbangkan biaya yang dikeluarkan untuk mobilisasi aktivitas sehari-hari.

"Masyarakat akan menentukan sisi ekonomis untuk penggunaan transportasi umum atau pribadi," kata dia.

Meski demikian, pemerintah tetap perlu mendukung fasilitas yang memudahkan masyarakat dalam memanfaatkan angkutan umum. Hal itu antara lain berupa penentuan tarif yang tidak terlalu mahal, perbaikan kondisi angkutan umum maupun akses, dan kepastian waktu tempuh.

"Jangan sampai dengan kenaikan harga BBM bersubsidi membuat masyarakat berpikir dua kali untuk menggunakan angkutan umum karena tarifnya yang mahal. Infrastruktur jalan, dan kondisi fisik angkutan umum juga harus diperbaiaki," kata dia. (*)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2014


http://www.antaranews.com/berita/446507/peneliti-kenaikan-harga-bbm-bersubsidi-dorong-penggunaan-angkutan-umum
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger